Selamat datang di


Selasa, 19 Agustus 2014

Keluhan Pelanggan

Yah, namanya juga manusia ya. Tempat salah dan lupa.
Sebagai seorang TeEnterpreneur, saya juga pernahlah jadi pelanggan. Seorang pelanggan tidak mungkin mengeluh jika tidak ada sesuatu yang menimpa dirinya, kan?

Oke! Saya terkontaminasi oleh bunda saya sendiri.
Bunda selalu komplain, terutama kalau lagi makan di luar rumah. Di jalan berpaving depan rumah.
Ya nggak lah, bercanda, depan rumah nggak pavingan, aspal. Bercanda, maksudnya di luar itu bukan luar rumah jalanan ya, makanan kena debu keles. Maksudnya, makan di restoran.
Kalau pesan soto, nggak panas, komplain. Minta dipanasi lagi pesanannya. Kalau makan steak, tapi dikasi alat makan plastik, gak jadi makan, dibungkus bawa pulang. Yaiyalah, bayangin aja daging sapi yang alot, dipotong pakai pisau plastik. Udah tau dong, mana yang bakal kebelah?
Kalau dikasi piring sterofoam, juga gak mau. Gak food grade.
Aku jadi ikut kepikiran pas makan di KFC. Oriental bento kan kemasarannya dari kertas, jangan-jangan habis makan, tempatnya dipakai lagi. hiiii (ngeremes kemasan sampe hancur). Sendoknya juga, jangan-jangan bukannya dibuang, malah dicuci dipakai lagi. hiii (matahin sendok). Itu nyata! beneran aku rusak huahahahaha *tawabengis

Kala itu, aku dan Pandu, kencan ke PGS. Bohong, lagi belanja, si Pandu gak ada gawean di kampus, nyupirin deh heheu... Nah, meski dia nggak seberapa suka kesana, ada satu hiburan! Beli Gurin. jadi tujuan utama dia kesana beli gurin. jauh ya hahahaha. Pas banget sama jam makan siang. Yaudah, akhirnya kami pesan makanan di foodcourt, nama standnya lupa. pokoknya si mbak sales dan mas sales pake seragam kuning. beuuuuh bulu matanyo tebal nian!
FYI, kalau kalian makan di foodcourt ITC, PGS, mana lagi ya.... jangan shock kalau kalian duduk, tiba-tiba ada segerombol mbak-mas yang menghampiri dan nyodorin brosur makanan. Keroyokan! awas keroyokan!
Nah kebetulan si mas ini nyodorin selebaran paket makanan + minuman seharga 18.000
mbaknya dengan baik nyodorin menu makanan yang gede itu lho. Aku liat-liat bingung juga nih milih, oke pandangan mata beralih ke selebaran tadi. Lhadalah! MasyaAllah ampuni mbaknya, masa si mbak langsung muter bola mata dan ekspresinya seakan bilang 'Yah lihat menu paketan'. Trus aku penasaran kan, berapa sih harga kalau nggak paketan? ternyata di menu tulisannya 22.000 per porsi kalau nggak paketan.
"Beli yang paket ini aja deh." and you know, si mbak kembali menunjukkan ekspresi 'Yah beli yang murah' ke arah temennya, si mas penjual. Meski aku ada di sampingnya, aku ngelihat lho....


"Mbak kenapa ya kok mukanya gitu? emang kenapa kalau saya beli yang paketan?"
"Oh, nggak papa mbak" Ajaib! dia bilang gitu nggak kelihatan pura-pura 'nggak papa' padahal tadi jelas banget aku, bahkan pandu yang ada di belakangku ngelihat ekspresi mbak tadi.
"Beneran?"
Akhirnya setelah dapat nomor, aku dan Pandu duduk nggak jauh dari stand mereka. Huh sebel, kenapa kalau beli yang murah? toh tadi juga disodorin menu paketan. Pengen dibeli tuh makanan mahalnya? ya jangan bikin menu paket yang lebih murah.
"Ndu, kalau aku nggak sabar ya, kita bilang aja kita kuliah jurusan komunikasi, jadi pesan non-verbal yang dia tunjukin itu, bisa kita persepsikan" Wek, mulai keluar teori-teori perkuliahan.

Besoknya, aku ke PGS lagi nih sama Tasya. Makan di foodcourt juga. si Tasya udah nentuin pengen pesen soto banjar. Alhasil, mbaknya yang masih ingat sama aku, nawarin menu sambil senyum  manis dengan bulu mata supernya itu. Karena emang tujuan pertama pesan soto, mbaknya cuma aku lewatin dan cuma aku balas senyum. Ladalah! dia kembali mengekspresikan wajah 'Yah cuma lewat' yaudah aku juga senyum 'belom rejeki, jadi males pesan lagi'


Kali ini ceritanya beda lagi, makan di D'cost Seafood. Mutu bintang 5 Harga kaki 5.
So, Jumat kala itu, sepulang nontron gratis dari IFI (Institute Francais Indonesia) aku sama Debe makan di D'cost Kayoon. Katanya sih harga kaki lima, tapi kok menurutku mahal ya? hehehe
Aku tahu, makan disini tuh nasi dan es tehnya gratis. jelas terpampang di menu akrilik yang ada di meja, si Debe ragu dan gak percaya kalau nasinya free.
"Coba se, tanya'o masnya"
"Yaampun beee beneran gratis! Itu lo ada tulisannya kok. aku pernah makan disini."
Akhirnya kami pesan ayam fillet lada hitam, sup tom yam, ice lemon tea, dan es milo. Nasinya gratis, si Debe dua porsi nasi. Emang ya cowok makannya banyak. aku aja satu nasi udah kenyang. Trus lauknya kita makan bareng, icip mengicip.
Oh ya, ceritanya bulan Agustus ini usia hubungan kami sudah 45 bulan lho... semangat 45! merdeka!
Pantes aja, si Debe ngajakin selfie gitu habis makan.
"Hah? zodiak kamu berubah? kok tiba-tiba ngajakin foto?!"

Pas antri bayar, bosen gitu kan, jadi aku iseng baca tulisan 'free parking' yang nempel di dinding dekat kasir. Trus aku juga iseng ngintip lubang sejenis mesin atm ato apalah yang ada di sebelah kasir. you know what I see? ada pegawai makan dibalik dinding mesin itu. hahahaha...
Oke, makan beres, bayar lunas. Yuk pulang! pake helm, hap naik! brum.....
Pas udah setengah perjalanan menuju pintu keluar, tiba-tiba seorang petugas bilang
"Mas parkirnya seribu." mendadak si Debe ngerem.
"Hah? bukannya parkir gratis?" gak sengaja aku sama Debe ngomongnya barengan. Kata sinetron, kalo barengan gitu sih jodoh. Heheu
Mendengar pertanyaan kami, petugas lain yang nggak jauh dari kami langsung senyum ramah bilang.
"Yaudah terus aja terus aja" eh, si bapak yang nagih duit parkir mbebek ikutan bilang "Terus aja"
Wah! kudu di laporin ke customer servicenya nih.
Sayangnya, aku nggak nyimpen nomor cs yang ada di sticker tempat tisu di meja aku makan tadi. oke, browsing dan akhirnya nemu nomor sms keluhan di websitenya D'cost.

Oke tik kitik kitik goyang itik aku tulis semua kronologinya, send!
Oh Alhamdulilah aku terkejut syekali... Langsung dapat balasan sms dari D'Cost. But, jawabannya mengejutkan.
Menampilkan IMG_20140819_210033.jpg

Kok, balasannya gitu? waduh salah nomer kah?

Menampilkan Screenshot_2014-08-19-20-59-55.png
Menampilkan IMG_20140819_210106.jpg

Bener kooook nomernya :( yah si D'cost nih yg websitenya salah nyantumin nomer.


Keluhan lainnya adalah, Alfamart!
Baru aja kejadiannya, hari ini 19 Agustus 2014. Ada warung penyetan langganan, aku beli buat makan di rumah. Bunda titip tahu tempe penyet. Sambil nungguin digoreng, aku jalan ke Alfamart yang pas banget ada di sebelah warung penyetan itu. Beli Nutriboost. Itu lho yang iklannya ada buah jeruk teriak 'Susuuuuuu' sambil meluncur.
Nah, seperti biasa, kalau barang itu masih bisa aku bawa, aku nggak mau pakai kresek. Waktu bayar nih, aku ngasi uang Rp 10.000 
Saat nunggu dikasi kembalian, aku lihat di monitor yang menghadap ke pelanggan, menampilkan tulisan yang sekilas aku baca ada tulisan 'sumbangan 300' trus ada pilihan ok sama apa gitu.
Baru aja mau aku pencet, eh hilang tuh tampilan. Huznuzon, oh, aku kelamaan kali ya ngeresponnya.
Setelah si mbak ngeprint struk + ngasi kembalian. aku biloang makasih sambil menjauh dari kasir. Minumannya aku bawalah ya, jelas.
Baru aja keluar dari pintu alfa, aku baru lihat di struk tulisannya kembalian 4300, tapi yang aku dapat cuma 4000. aku balik masuk.,
Btw, ada mas-mas yang bagian buka tutupin pintu, senyum sambil mungkin ngerasa heran lha kok masuk lagi.
Dari pintu aku tanya ke si mbak. "Mbak,ini kembalian saya 300 disumbangin ya?"
"Iya"
"Lain kali bilang ya...." si mbak nunduk sok sok sibuk ngelayanin, i know! "Di mini market lain biasanya ditanya dulu mau disumbangin atau enggak. Saya nggak papa, sudah biasa, tapi lain kali harus bilang."
Sebelum akhirnya aku melangkah pergi, si masnya bilang "maaf mbak."
Hellow.... mas kan nggak salah, mbaknya dong yang seharusnya bilang.
Saya nggak marah, saya bilangnya dengan senyum. Hanya mengingatkan, supaya ada komunikasi yang jelas. Hmmm hampir nyentil teori komunikasi lagi neeeh...

Waktu makan malam dirumah, aku cerita ke bunda, ayah juga denger jadinya.
Si bunda setuju sama tindakanku tadi, soalnya kalau ada orang yang nggak rela uangnya disumbangin, atau parahnya mereka marah karena kembaliannya nggak pas gimana? trus ayah nimpalin.
"Duh jangan beli di alfamart sana! nggak recomended." soalnya ayah pengalaman beli telur, ternyata busuk/rusak, udah diganti, tetep aja rusak.
"Biasanya kalau disumbangin, di struknya ada tulisan uangmu sekian disumbangin" kata ayah
"Iya, biasanya di indomart juga gitu, tapi di struk ini nggak ada."
Kami bertiga berhipotesis, bukan suudzon, semoga aja beda ya.... si Mbak itu sengaja nilep uang 300. Uang saya bukan disumbangin, ditilepin. Bayangkan kalau sehari ada sepuluh pelanggan yang uang 300nya di alihkan untuk dia sendiri? seminggu? sebulan? berapa?

Menampilkan IMG_20140819_195840.jpg

sama kisahnya seperti d'cost, browsing customer servicenya alfa kok nggak nemu ya? eh rupanya di struk ada nomor handphonenya. Yaudah, saya complain via sms. Semoga nyampe ke atasannya si mbak itu ya. Jangan sampe dapat balasan dari supir truk lagi -_- weleh.....


Kalau tiga cerita di atas menyinggung-nyinggung tentang makanan, kali ini tentang pom bensin!
Yihuuuu ngisi bensin 100.000 lumayan lama, ya? kala itu kali kedua saya izin ke toilet saat bensin mobil saya lagi diisi. karena sepi, jadi gak apa-apa mobil saya ngetem di depan stasiun pengisian bbm.
Lah, kok antrinya lama ya. mau ngetuk salah satu dari dua pintu toilet, takut yang di dalam keganggu. Tapi, kalo give up dan gak jadi pipis, mobil kelamaan nangkring. kan gak enak juga.

beberapa menit, akhirnya salah satu pintu terbuka. yang habis dari toilet mas-mas berseragam spbu warna merah. Doooh hadoh! kok mambu rokok ngene rek toilete?
Adawww, you know, ada sesuatu yang mengambang tertinggal di kakus. punya si mas nih! baru aja mau ngejar dan bilang "mas, kok nggak di buang?" si mas udah masuk ke musholla.
Putung rokok! masih panjang! ngambang! berayun-ayun di kakus! yaiks!
bak airnya juga kerus, banyak serpihan hitam-hitam melayang. jangan-jangan abu rokoknya dibuang di bak? huh kah... 
aku pun melakukan kegiatan ekskresi di lantai toilet, bukan di kakus. biarin tuh ngambang! barang bukti!
dan mengambil air bersih langsung dari kran.

Yuhuuu waktunya balik ke mobil. Lho, mas-mas yang tadi ngisiin bensin kok hilang? akhirnya ada mas gendut yang datang. Saya bayar pakai debit BCA.
"Mas, saya mau komplain ya, tadi di blablabla....."
"Oh, anaknya kurus item ya mbak?" terka si mas gendut.
Lha kok, masnya bisa tau? wah jangan-jangan track recordnya orang tadi jelek.
"Emang biasanya gitu ya?"
"Mbak lapor ke supervisor aja" sambil nunjuk pak baju hitam.
Here we go! isi bensin sudah, bayar sudah, sekarang lapor!
Kebetulan si mas yang tadi ngisiin bensin lagi ada di dalam ruangan sama pak supervisor.
"Pak, saya Gaby bla bla bla, saya kan juga nggak enak ninggal mobil lama-lama, blablabla.... selesai. Makasih ya pak." saya keluar ruangan.
Pas masuk mobil dan hendak meninggalkan TKP, saya lihat pak supervisor dan mas yang ngisiin saya bensin tadi langsung keluar ruangan menuju toilet.
Duh ya, ini kan pom bensin, pelanggan dilarang merokok, ya kan nggak seharusnya yang kerja disana juga merokok. 


Gitu deh beberapa pengalaman saya mengenai komplain mengomplain....
So, bagi kalian pelanggan, janganlah ragu untuk memberikan komplain dan masukan yang membangun :) 
Pelanggan adalah raja, ya bolehlah, pelanggan juga bisa jadi sarana memperbaiki kualitas pelayanan, bukan? 

Tidak ada komentar: